Kenapa Masa Aktif Telkomsel Tidak Bertambah? Begini Penjelasannya
- Sebagian pengguna Telkomsel mengeluhkan masa aktif operator seluler yang dirasa terdapat perubahan. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi pengguna yang menggunakan nomor Telkomsel yang tidak sering mengisi pulsa karena lebih dominan menggunakan WiFi.
Umumnya masa aktif kartu Telkomsel pengguna yang habis akan memasuki masa tenggang, dan di saat inilah pengguna biasanya baru akan mengisi pulsa. Nah di sini lah terdapat penyesuaian masa aktif Telkomsel saat masa tenggang yang perlu diperhatikan. Begini penjelasannya.
Penyesuaian masa aktif Telkomsel
Dilansir dari laman resmi Telkomsel mulai 23 Oktober 2023 terdapat penyesuaian masa aktif ketika pengguna mengisi ulang pulsa saat nomor berada dalam masa tenggang. Pelanggan PraBayar, seperti Telkomsel PraBayar, simPATI, Kartu AS, dan Loop) akan mendapatkan penambahan masa aktif dengan rincian berikut ini.
Rp 5.000: 7 hari
Rp 10.000: 15 hari
Rp 15.000: 20 hari
Rp 20.000: 30 hari
Rp 25.000: 30 hari
Rp 50.000: 45 hari
Rp 100.000: 60 hari
Rp 150.000: 90 hari
Rp 200.000: 90 hari
Rp 300.000: 90 hari
Rp 500.000: 90 hari
Rp 1.000.000: 90 hari
Sebagai informasi penyesuaian masa aktif hanya terdapat untuk pembelian pulsa saat berada di masa tenggang dengan nominal Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000.
Pelanggan KARTU As dan Loop yang semula mendapatkan 30 hari untuk ketiga nominal, berubah menjadi 7 hari, 15 hari, dan 20 hari. Penyesuaian tidak terjadi untuk isi pulsa dengan nominal lainnya.
Cara beli pulsa di MyTelkomsel
Penambahan masa aktif bisa dilakukan dengan mengisi pulsa. Bagi pelanggan Telkomsel, Anda bisa membeli pulsa secara online di MyTelkomsel. Berikut ini caranya. ‘
Unduh aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
Login menggunakan nomor telepon Anda
Pada halaman utama pilih “Pulsa”
Masukkan nomor telepon Anda
Selanjutnya pilih metode pembayaran yang Anda inginkan menggunakan pulsa, atau e-wallet
Selanjutnya tunggu hingga menerima SMS bahwa pulsa Anda telah terisi
Itulah penjelasan masa aktif Telkomsel tidak bertambah atau hanya bertambah sedikit. Selain itu penambahan masa aktif Telkomsle juga bisa jadi tergantung pada ketentuan dan masing-masing nomor Telkomsel pengguna.
Why isn't Telkomsel's active period increasing? Here's the explanation
- Some Telkomsel users have complained about the cellular operator's active period which they feel has changed. This is of course a problem for users who use Telkomsel numbers who don't top up often because they predominantly use WiFi.
Generally, the active period of a user's Telkomsel card will enter a grace period, and this is when the user will usually top up their credit. So, here is an adjustment to Telkomsel's active period during the grace period that needs to be taken into account. Here's the explanation.
Adjustment of Telkomsel's active period
Reporting from the official Telkomsel website, starting October 23 2023, there will be an adjustment to the active period when users top up credit when the number is within the grace period. PrePaid customers, such as Telkomsel PraBayar, simPATI, Kartu AS, and Loop) will get an additional active period with the following details.
IDR 5,000: 7 days
IDR 10,000: 15 days
IDR 15,000: 20 days
IDR 20,000: 30 days
IDR 25,000: 30 days
IDR 50,000: 45 days
IDR 100,000: 60 days
IDR 150,000: 90 days
IDR 200,000: 90 days
IDR 300,000: 90 days
IDR 500,000: 90 days
IDR 1,000,000: 90 days
For information, active period adjustments are only available for credit purchases during the grace period with a nominal value of IDR 5,000, IDR 10,000 and IDR 20,000.
KARTU As and Loop customers who originally got 30 days for all three nominal amounts, have changed to 7 days, 15 days and 20 days. Adjustments do not occur for credit top-ups with other nominal amounts.
How to buy credit on MyTelkomsel
You can increase the active period by topping up your credit. For Telkomsel customers, you can buy credit online at MyTelkomsel. Here's how. '
Download the MyTelkomsel application on Google Play Store (Android) or App Store (iOS)
Login using your phone number
On the main page select "Pulse"
Enter your phone number
Next, select the payment method you want using credit, or e-wallet
Next, wait until you receive an SMS that your credit has been topped up
That is the explanation for Telkomsel's active period not increasing or only increasing slightly. Apart from that, the increase in Telkomsle's active period may also depend on the conditions and each user's Telkomsel number.