Ucapan Selamat Tahun Baru Islam Bid'ah ?

Ucapan Selamat Tahun Baru Islam Bid'ah ?


𝗨𝗖𝗔𝗣𝗔𝗡 𝗦𝗘𝗟𝗔𝗠𝗔𝗧 𝗧𝗔𝗛𝗨𝗡 𝗕𝗔𝗥𝗨 𝗜𝗦𝗟𝗔𝗠 𝗕𝗜𝗗’𝗔𝗛 ?

𝘈𝘧𝘸𝘢𝘯 𝘬𝘪𝘺𝘢𝘪, 𝘢𝘱𝘢 𝘣𝘦𝘯𝘢𝘳 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘣𝘪𝘥’𝘢𝘩 ?

𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻

𝘖𝘭𝘦𝘩 : 𝘈𝘩𝘮𝘢𝘥 𝘚𝘺𝘢𝘩𝘳𝘪𝘯 𝘛𝘩𝘰𝘳𝘪𝘲 

Secara umum, saling menampakkan kebahagiaan dan membahagiakan orang lain adalah syiar dari agama yang agung ini. Dan diantara bentuknya adalah dengan saling mengucapkan selamat  atau tahni'ah atas sebuah nikmat atau hal yang menyenangkan yang sedang dialami oleh seseorang.

Tahni'ah atau mengucapkan selamat tahun baru Islam boleh menurut mayoritas ulama dengan hukum mubah, sebagian bahkan berpendapat mandub (disunnahkan) dan sebagian lagi berpendapat boleh tapi ada karihah (kemakruhan).[1] 

𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝘂𝘁 𝗱𝗶𝗮𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗳𝗮𝘁𝘄𝗮-𝗳𝗮𝘁𝘄𝗮 𝘂𝗹𝗮𝗺𝗮 𝘁𝗲𝗿𝘀𝗲𝗯𝘂𝘁.

Ibnu Hajar al Asqalani berkata :

إنها مشروعة

“𝘉𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 (𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩) 𝘥𝘪𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯."[2] 

Khatib Asy Syarbini rahimahullah berkata : 

ابن حجر بعد اطلاعه على ذلك بأنها مشروعة واحتج له بأن البيهقي عقد لذلك بابا فقال باب ما روي في قول الناس بعضهم لبعض في العيد تقبل الله منا ومنك

وساق ما ذكر من أخبار وآثار ضعيفة لكن مجموعها يحتج به في مثل ذلك ثم قال ويحتج لعموم التهنئة بما يحدث من نعمة أو يندفع من نقمة بمشروعية سجود الشكر والتعزية وبما في الصحيحين عن كعب بن مالك في قصة توبته لما تخلف عن غزوة تبوك أنه لما بشر بقبول توبته ومضى إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقام إليه طلحة بن عبيد الله فهنأه

“𝘐𝘮𝘢𝘮 𝘐𝘣𝘯𝘶 𝘏𝘢𝘫𝘢𝘳 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘭𝘢𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘪𝘵𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 (𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵) 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪’𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯, 𝘥𝘢𝘭𝘪𝘭𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘐𝘮𝘢𝘮 𝘉𝘢𝘪𝘩𝘢𝘲𝘪 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘣𝘢𝘣 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘯𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 : “𝘔𝘢𝘢 𝘳𝘶𝘸𝘪𝘺𝘢 𝘧𝘪𝘪 𝘲𝘢𝘶𝘭𝘪𝘯 𝘯𝘢𝘴” 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘳𝘶𝘴𝘯𝘺𝘢, 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘣𝘦𝘳𝘢𝘱𝘢 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘵𝘴 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘵𝘴𝘢𝘳 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘩𝘢’𝘪𝘧. 

𝘕𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘴𝘦𝘤𝘢𝘳𝘢 𝘬𝘰𝘭𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧 𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘥𝘪𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘪𝘭 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩. 𝘚𝘦𝘤𝘢𝘳𝘢 𝘶𝘮𝘶𝘮, 𝘥𝘢𝘭𝘪𝘭-𝘥𝘢𝘭𝘪𝘭 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘥𝘪𝘢𝘮𝘣𝘪𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘯𝘫𝘶𝘳𝘢𝘯 𝘴𝘶𝘫𝘶𝘥 𝘴𝘺𝘶𝘬𝘶𝘳 𝘥𝘢𝘯 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘴𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘪𝘣𝘶𝘳 𝘴𝘦𝘩𝘶𝘣𝘶𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘯𝘪𝘬𝘮𝘢𝘵 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘪𝘯𝘥𝘢𝘳 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘮𝘢𝘭𝘢 𝘱𝘦𝘵𝘢𝘬𝘢.

𝘋𝘢𝘯 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘵𝘴 𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵 𝘉𝘶𝘬𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘔𝘶𝘴𝘭𝘪𝘮 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘒𝘢’𝘢𝘣 𝘣𝘪𝘯 𝘔𝘢𝘭𝘪𝘬 𝘴𝘦𝘸𝘢𝘬𝘵𝘶 𝘬𝘦𝘵𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢𝘭𝘢𝘯/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘪𝘬𝘶𝘵𝘪 𝘱𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘛𝘢𝘣𝘶𝘬 𝘥𝘪𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘶𝘣𝘢𝘵, 𝘬𝘦𝘵𝘪𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘬𝘢𝘣𝘢𝘳 𝘨𝘦𝘮𝘣𝘪𝘳𝘢 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘵𝘢𝘶𝘣𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢, 𝘥𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘢𝘥𝘢𝘱 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘴𝘩𝘢𝘭𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩𝘶’𝘢𝘭𝘢𝘪𝘩𝘪 𝘸𝘢𝘴𝘴𝘢𝘭𝘢𝘮. 𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘛𝘩𝘢𝘭𝘩𝘢𝘩 𝘣𝘪𝘯 𝘜𝘣𝘢𝘪𝘥𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢”.[3]

 Berkata imam Ahmad bin Hanbal : 

لا ابتدئ بالتهنئة فإن ابتدأني أحد أجبته لأن جواب التحية واجب وأماالابتداء بالتهنئة فليس سنة مأمورا بها ولا هو أيضا مما نهي عنه

“𝘚𝘢𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘶𝘭𝘢𝘪 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵. 𝘛𝘢𝘱𝘪 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘶𝘭𝘢𝘪 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵, 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘺𝘢 𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣. 𝘒𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣. 𝘚𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵, 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯, 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘶𝘭𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘭𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨.”[4]

 Al imam As Suyuthi rahimahullah berkata :

أن الحافظ أبا الحسن المقدسي سئل عن ‌التهنئة ‌في ‌أوائل ‌الشهور والسنين أهو بدعة أم لا؟ فأجاب بأن الناس لم يزالوا مختلفين في ذلك قال: والذي أراه أنه مباح ليس بسنة ولا بدعة.

"𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢𝘴𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘭 𝘏𝘢𝘧𝘪𝘥𝘻 𝘐𝘣𝘯𝘶𝘭 𝘏𝘢𝘴𝘢𝘯 𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘲𝘥𝘪𝘴𝘪 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘢𝘸𝘢𝘭 𝘣𝘶𝘭𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶  𝘢𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 : ‘𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘪𝘯𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘦𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵. 𝘋𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘶𝘣𝘢𝘩, 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘣𝘪𝘥’𝘢𝘩.”[5]

As Syarwani berkata : "𝘋𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘨𝘬𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘺𝘢𝘪𝘬𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘪 (𝘈𝘭 𝘉𝘢𝘪𝘫𝘶𝘳𝘪) 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘴𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘐𝘦𝘥 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘫𝘦𝘯𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘭𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘳𝘶𝘵 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘶’𝘵𝘢𝘮𝘢𝘥…”[6] 

Al Hafidz al Anshari rahimahullah berkata : 

لم أر لأصحابنا كلاما في التهنئة بالعيد والأعوام والأشهر كما يفعله الناس، لكن نقل الحافظ المنذري عن الحافظ المقدسي أنه أجاب عن ذلك بأن الناس لم يزالوا مختلفين فيه، والذي أراه أنه مباح لا سنة فيه ولا بدعة 

"𝘈𝘭-𝘘𝘢𝘮𝘶𝘭𝘪𝘺 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 : 𝘢𝘬𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘭𝘪𝘩𝘢𝘵 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘪𝘯𝘤𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵-𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘯𝘢𝘪 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 (𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩) 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘳𝘢𝘺𝘢, 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘭𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶, 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘳𝘣𝘪𝘢𝘴𝘢 𝘥𝘪𝘭𝘢𝘬𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘮𝘢𝘴𝘺𝘢𝘳𝘢𝘬𝘢𝘵, 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱𝘪 𝘥𝘪𝘯𝘶𝘬𝘪𝘭 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘭 𝘏𝘢𝘧𝘪𝘥𝘻 𝘢𝘭 𝘔𝘶𝘯𝘥𝘻𝘪𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘭 𝘏𝘢𝘧𝘪𝘥𝘻 𝘢𝘭 𝘔𝘢𝘲𝘥𝘪𝘴𝘪 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘣 𝘮𝘢𝘴𝘺𝘢𝘳𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘦𝘥𝘢-𝘣𝘦𝘥𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘭 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘶𝘣𝘢𝘩, 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘴𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘪𝘥’𝘢𝘩."[7]

Hal yang sama juga dinukil oleh imam Ramli dan Ibnu Hajar al Haitami rahimahumallah.  [8] 

𝗗𝗮𝘀𝗮𝗿 𝗵𝘂𝗸𝘂𝗺 𝗸𝗲𝗯𝗼𝗹𝗲𝗵𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮

Tahni'ah atau ucapan selamat adalah salah satu bentuk dari mujammalah (kepantasan) dalam muamalah (pergaulan). Dasar hukum yang dibangun diatasnya adalah : Boleh selama tidak ada dalil yang melarang atau mengandung unsur kerusakan. 

Bahkan dalam beberapa hal, tahni'ah ada yang masuk ke dalam hal yang disyariatkan, seperti tahni'ah hari raya, pernikahan, kelahiran bayi dll. 

Sehingga jelas, kalau mau melarang tahni'ah tahun baru, harus didatangkan dalil agama yang melarangnya.  

Tidak usah jauh-jauh kita menengok penjelasan tentang hal ini, ulama Saudi sendiri diantaranya Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di yang merupakan salah satu rujukan saudara kita yang melaqabkan diri sebagai Salafi, beliau menjelaskan hal ini dengan panjang lebar, mari kita simak :

مسألة التهنئة بالعام الجديد وما أشبهها مبنية على أصل عظيم نافع وهو أن الأصل في جميع العادات القولية والفعلية الإباحة والجواز فلا يحرم منها ولا يكره إلا ما نهى عنه الشارع أو تضمن مفسدة شرعية وهذا الأصل الكبير قد دل عليه الكتاب والسنة في مواضع وذكره شيخ الإسلام ابن تيمية وغيره

فهذه الصور المسؤول عنها وما أشبههامن هذا القبيل فإن الناس لم يقصدوا التعبد بها وإنما هي عوائد وخطابات وجوابات جرت بينهم في مناسبات لا محذور فيها بل فيها مصلحة دعاء المؤمنين بعضهم لبعض بدعاء مناسب وتألف القلوب كما هو مشاهد

أما الإجابة لمن هنأ بالعام الجديد فالذي نرى أنه بجب عليه أن يجيبه بالجواب المناسب مثل الأجوبة بينهم لأنها من العدل ولأن ترك الإجابة يوغر الصدور ويشوس الخواطر
 
“𝘔𝘢𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘥𝘰𝘢 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘥𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘮𝘪𝘴𝘢𝘭𝘯𝘺𝘢, 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘪𝘣𝘢𝘯𝘨𝘶𝘯 𝘥𝘪 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘬𝘢𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘨𝘶𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮 𝘢𝘴𝘢𝘭 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘢𝘥𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘣𝘪𝘢𝘴𝘢𝘢𝘯, 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘣𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩. 𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘪 𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮 𝘢𝘵𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘢𝘬𝘳𝘶𝘩 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯𝘥𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘳𝘶𝘴𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘤𝘢𝘳𝘢 𝘴𝘺𝘢𝘳’𝘪. 

𝘗𝘰𝘬𝘰𝘬 𝘬𝘢𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘢𝘨𝘶𝘯𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘥𝘪𝘵𝘶𝘯𝘫𝘶𝘬𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘢𝘭 𝘘𝘶𝘳’𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘴 𝘚𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘵𝘦𝘮𝘱𝘢𝘵. 𝘋𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘱𝘶𝘭𝘢 𝘥𝘪𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘚𝘺𝘢𝘪𝘬𝘩𝘶𝘭 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘐𝘣𝘯𝘶 𝘛𝘢𝘪𝘮𝘪𝘺𝘺𝘢𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘶𝘭𝘢𝘮𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘪𝘯.

𝘎𝘢𝘮𝘣𝘢𝘳𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘢𝘪𝘥𝘢𝘩 𝘪𝘯𝘪, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘵𝘶𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘩. 𝘏𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢𝘱 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪 𝘣𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘪𝘯𝘵𝘦𝘳𝘢𝘬𝘴𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘰𝘮𝘶𝘯𝘪𝘬𝘢𝘴𝘪 𝘥𝘪𝘢𝘯𝘵𝘢𝘳𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘰𝘮𝘦𝘯-𝘮𝘰𝘮𝘦𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶.

 𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘭𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢𝘳𝘢𝘯 𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪𝘢𝘵 𝘥𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮𝘯𝘺𝘢, 𝘣𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪 𝘴𝘢𝘯𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘢𝘴𝘭𝘢𝘩𝘢𝘵 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘰𝘢 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘮𝘶𝘬𝘮𝘪𝘯𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘶𝘬𝘮𝘪𝘯𝘪𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘢-𝘥𝘰𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘪𝘬. 𝘏𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘮𝘣𝘶𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘤𝘪𝘯𝘵𝘢𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘪𝘵𝘢 𝘴𝘢𝘬𝘴𝘪𝘬𝘢𝘯.

𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘣𝘦𝘳𝘪 𝘶𝘤𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 (𝘥𝘰𝘢 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵) 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶, 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘪𝘢 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘥𝘰𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘪𝘬, 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘢𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘭𝘢𝘬𝘶𝘬𝘢𝘯, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘪𝘭. 𝘈𝘭𝘢𝘴𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘪𝘯, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪’𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘣𝘢𝘣𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘣𝘦𝘯𝘤𝘪𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘩𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘴𝘢𝘬 𝘵𝘢𝘵𝘢𝘯𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘴𝘢𝘶𝘥𝘢𝘳𝘢𝘢𝘯.”[9] 

Begitu juga Syaikh Utsaimin salah satu ulama kibar di negeri Arab Saudi juga berkata :

أرى أن بداية التهنئة في قدوم العام الجديد لا بأس بها ولكنها ليست مشروعة بمعنى: أننا لا نقول للناس: إنه يسن لكم أن يهنئ بعضكم بعضاً، لكن لو فعلوه فلا بأس، وإنما ينبغي له أيضاً إذا هنأه في العام الجديد أن يسأل الله له أن يكون عام خيرٍ وبركة فالإنسان يرد التهنئة. ..وهي من الأمور العادية وليست من الأمور التعبدية

“𝘈𝘬𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘶𝘭𝘢𝘪 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘱𝘢, 𝘯𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘢𝘳𝘵𝘪𝘢𝘯 : 𝘒𝘪𝘵𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘥𝘪𝘴𝘶𝘯𝘯𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘴𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵. 

𝘕𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘱𝘢. 𝘋𝘢𝘯 𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘥𝘪𝘶𝘤𝘢𝘱𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘳𝘶 𝘴𝘦𝘮𝘰𝘨𝘢  𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘪𝘯𝘪 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘩, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘦𝘯𝘥𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘸𝘢𝘣 𝘵𝘢𝘩𝘯𝘪'𝘢𝘩 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵. 𝘐𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘣𝘪𝘢𝘴𝘢𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘳𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘪𝘣𝘢𝘥𝘢𝘩 (𝘳𝘪𝘵𝘶𝘢𝘭).”[10]

Penjelasan yang kurang lebih sama juga disampaikan oleh ulama-ulama “Salafi” lainnya seperti Syaikh bin Baz, Abdul Karim Aal Khudhair dan lainnya. 

Kesimpulannya adalah saling mengucapkan tahun baru Islam adalah bagian kebiasaan yang baik menurut mayoritas ulama. Meski ada sebagian ulama lainnya yang berpendapat berbeda. 

Namun sikap saling menvonis dan melempar tuduhan bid’ah dalam masalah khilafiyah adalah bentuk ketidak pahaman dan dangkalnya agama seseorang. 

📚Wallahu a’lam
________
[1] Al Mausu’ah al Fiqihiyyah al Kuwaitiyyah (14/100).
[2] Mughni Al Muhtaj (1/429).                       
[3] Al Iqna’ (1/188).
[4] Mauqi’ al Islam Sual wal Jawab (5/4098)
[5] Al Hawi fil Fatawa ( 1/95).
[7] Asna’ Mathalib (1/287).
[8] Tuhfatul Muhtaj (3/56), Nihayatul Muhtaj (2/401).
[9] Al Majmu’ah Al Kamilah li Muallafat As Sa’di hal. 348
[10] Liqa Bab al Mahtuh (10/93).

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama