Pengertian Durhaka Kepada Orang Tua

𝗣𝗘𝗡𝗚𝗘𝗥𝗧𝗜𝗔𝗡 𝗗𝗨𝗥𝗛𝗔𝗞𝗔 𝗞𝗘𝗣𝗔𝗗𝗔 𝗢𝗥𝗔𝗡𝗚 𝗧𝗨𝗔

 𝘉𝘢𝘵𝘢𝘴𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘯𝘪 𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘮𝘢𝘯𝘢 𝘺𝘢 𝘜𝘴𝘵𝘢𝘥𝘻 ? 𝘈𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘳𝘶𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘪𝘯𝘨𝘪𝘯𝘢𝘯 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘶𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘰𝘯𝘥𝘪𝘴𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶 𝘪𝘵𝘶 𝘰𝘵𝘰𝘮𝘢𝘵𝘪𝘴 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘦𝘨𝘰𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢?

𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻

𝘖𝘭𝘦𝘩 : 𝘈𝘩𝘮𝘢𝘥 𝘚𝘺𝘢𝘩𝘳𝘪𝘯 𝘛𝘩𝘰𝘳𝘪𝘲

Ulama sepakat bahwa durhaka kepada kedua orang tua termasuk salah satu dari dosa besar dalam Islam. Bahkan ia ditempatkan sebagai dosa besar kedua setelah perbuatan syirik kepada Allah subhanahu wata’ala. Disebutkan dalam sebuah hadits dari sayyidina Anas bin Malik radhiyallahu’anhu :

سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْكَبَائِرِ قَالَ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَشَهَادَةُ الزُّورِ

“𝘕𝘢𝘣𝘪 ﷺ 𝘥𝘪𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘰𝘴𝘢-𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢 : ‘𝘚𝘺𝘪𝘳𝘪𝘬 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢, 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘶𝘯𝘶𝘩 𝘫𝘪𝘸𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨, 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘶𝘮𝘱𝘢𝘩 𝘱𝘢𝘭𝘴𝘶” (HR. Bukhari)

Disebutkan dalam kitab al Mausu’ah bahwa ulama membagi dosa-dosa besar menjadi dua : Pertama dosa besar dan yang kedua dosa yang paling besar atau sangat besar. Dan durhaka kepada kedua orang tua masuk ke dalam jenis dosa-dosa yang paling besar ini.[1]

Berkata al imam Ibnu Daqiq al Id rahimahullah :

‌عقوق ‌الوالدين معدود من أكبر الكبائر في هذا الحديث ولا شك في عظم مفسدته، لعظم حق الوالدين

“𝘋𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘩𝘪𝘵𝘶𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪 𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘢𝘴𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘵𝘴 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵, 𝘥𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘳𝘢𝘨𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘭𝘢𝘨𝘪 𝘣𝘦𝘴𝘢𝘳𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘳𝘶𝘴𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘵𝘪𝘮𝘣𝘶𝘭𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢. 𝘏𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘣𝘦𝘨𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘨𝘶𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢 𝘩𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 (𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘢𝘯𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢).”[2]

𝗟𝗮𝗹𝘂 𝗮𝗽𝗮 𝗶𝘁𝘂 𝗱𝘂𝗿𝗵𝗮𝗸𝗮 𝗸𝗲𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗼𝗿𝗮𝗻𝗴 𝘁𝘂𝗮 ? 𝗕𝗮𝗴𝗮𝗶𝗺𝗮𝗻𝗮 𝗯𝗮𝘁𝗮𝘀 𝗸𝗲𝗯𝗼𝗹𝗲𝗵𝗮𝗻 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝘁𝗮𝗮𝘁 𝗸𝗲𝗽𝗮𝗱𝗮 𝗺𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮 ?

 Untuk menjawab pertanyaan ini, di sini kami nukilkan penjelasan para ulama tentang masalah ini.

Al imam ibnu Daqiq al Id rahimahullah berkata :

ضبط الواجب من الطاعة لهما والمحرم من العوق ما لهما فيه عسر ورتب العقوق مختلفة

“𝘞𝘢𝘫𝘪𝘣 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘴𝘶𝘴𝘢𝘩. 𝘔𝘦𝘴𝘬𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢𝘢𝘯 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘵-𝘵𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘵.”[3]

Al imam Ibnu Atsir rahimahullah berkata :

عق والده يعقه عقوقا فهو عاق إذا آذاه وعصاه وخرج عليه وهو ضد البر به

“𝘉𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘵𝘪𝘬𝘢 𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢, 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘮𝘢𝘬𝘴𝘪𝘢𝘵𝘪 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘢𝘶 𝘵𝘶𝘯𝘥𝘶𝘬 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢. 𝘋𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘭𝘢𝘸𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘢𝘬𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢.”[4]

Al imam Nawawi rahimahullah berkata :


وأما ‌حقيقة ‌العقوق ‌المحرم ‌شرعا ‌فقل ‌من ‌ضبطه وقد قال الشيخ الإمام أبو محمد بن عبد السلام رحمه الله لم أقف في عقوق الوالدين وفيما يختصان به من الحقوق على ضابط أعتمده فإنه لا يجب طاعتهما في كل ما يأمران به وينهيان عنه باتفاق العلماء وقد حرم على الولد الجهاد بغير اذنهما لما يشق عليهما من توقع قتله أو قطع عضو من أعضائه ولشدة تفجعهما على ذلك وقد ألحق بذلك كل سفر يخافان فيه على نفسه أو عضو من أعضائه … وقال الشيخ أبو عمرو بن الصلاح رحمه الله في فتاويه العقوق المحرم كل فعل يتأذى به الوالد أو نحوه تأذيا ليس بالهين مع كونه ليس من الأفعال الواجبة ..وربما قيل طاعة الوالدين واجبة في كل ما ليس بمعصية ومخالفة أمرهما في ذلك عقوق وقد أوجب كثير من العلماء طاعتهما في الشبهات

“𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘦𝘧𝘪𝘯𝘪𝘴𝘪 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘴𝘺𝘢𝘳𝘪’𝘢𝘵 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘦𝘧𝘪𝘯𝘪𝘴𝘪𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢. 𝘉𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 𝘚𝘺𝘢𝘪𝘬𝘩 𝘪𝘮𝘢𝘮 𝘈𝘣𝘶 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘮𝘮𝘢𝘥 𝘣𝘪𝘯 𝘈𝘣𝘥𝘪𝘴𝘴𝘢𝘭𝘢𝘮 : ‘𝘈𝘬𝘶 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘦𝘮𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘧𝘪𝘯𝘪𝘴𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘥𝘪𝘫𝘢𝘥𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪 𝘴𝘢𝘵𝘶-𝘴𝘢𝘵𝘶𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘦𝘳𝘵𝘪𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘬-𝘩𝘢𝘬 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘩𝘶𝘴𝘶𝘴 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘪𝘵𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢.

 𝘕𝘢𝘮𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘭𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘢𝘴𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘴𝘦𝘱𝘢𝘬𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘶𝘭𝘢𝘮𝘢.  𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘵𝘢𝘴 𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘣𝘦𝘳𝘫𝘪𝘩𝘢𝘥 𝘵𝘢𝘯𝘱𝘢 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘢𝘴𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘬𝘢𝘸𝘢𝘵𝘪𝘳 𝘴𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘣𝘶𝘯𝘶𝘩 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘤𝘢𝘤𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘩 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢.

 𝘋𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘴𝘢𝘮𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘩𝘢𝘥 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘭𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘱𝘦𝘳𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘳𝘦𝘴𝘵𝘶𝘪 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘶𝘢, 𝘣𝘪𝘭𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 (𝘱𝘶𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘭𝘢𝘴𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴) 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘬𝘩𝘢𝘸𝘢𝘵𝘪𝘳𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘸𝘢 𝘴𝘢𝘯𝘨 𝘢𝘯𝘢𝘬 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘵𝘪𝘮𝘱𝘢 𝘤𝘦𝘭𝘢𝘬𝘢 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘤𝘢𝘤𝘢𝘵 𝘢𝘯𝘨𝘨𝘰𝘵𝘢 𝘵𝘶𝘣𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢.

𝘋𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 𝘚𝘺𝘢𝘪𝘬𝘩 𝘈𝘣𝘶 ‘𝘈𝘮𝘳 𝘣𝘪𝘯 𝘈𝘴𝘩 𝘚𝘩𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘧𝘢𝘵𝘸𝘢-𝘧𝘢𝘵𝘸𝘢𝘯𝘺𝘢 : ‘ 𝘉𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘢𝘴𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘢𝘬𝘪𝘵𝘪 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘩𝘢𝘭 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘮𝘪𝘴𝘢𝘭𝘯𝘺𝘢. 𝘠𝘢𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘢𝘬𝘪𝘵𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘳𝘪𝘯𝘨𝘢𝘯. 𝘋𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘵𝘦𝘯𝘵𝘶𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢-𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣𝘬𝘢𝘯.

𝘋𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘬𝘦𝘵𝘢𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘬𝘴𝘪𝘢𝘵𝘢𝘯, 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘭𝘪𝘴𝘪𝘩𝘪 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘶𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢-𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘵𝘦𝘳𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘣𝘦𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢𝘢𝘯.

𝘉𝘢𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘶𝘭𝘢𝘮𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱 𝘮𝘦𝘸𝘢𝘫𝘪𝘣𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘵𝘢𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢-𝘱𝘦𝘳𝘬𝘢𝘳𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘭𝘶𝘮 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮 𝘩𝘢𝘭𝘢𝘭 𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘯𝘺𝘢.”[5]

Al imam Taqiyuddin as Subki rahimahullah berkata :

إن ضابط العقوق إيذاؤهما بأي نوع كان ‌من ‌أنواع ‌الأذى. ‌قل ‌أو ‌كثر، ‌نهيا ‌عنه ‌أو ‌لم ‌ينهيا أو يخالفهما فيما يأمران أو ينهيان بشرط انتفاء المعصية في الكل


“𝘋𝘦𝘧𝘪𝘯𝘪𝘴𝘪 𝘥𝘶𝘳𝘩𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘬𝘪𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘭 𝘢𝘱𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯 𝘨𝘢𝘯𝘨𝘨𝘶𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢. 𝘉𝘢𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘥𝘪𝘬𝘪𝘵 𝘢𝘵𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘯𝘺𝘢𝘬. 𝘉𝘢𝘪𝘬 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘵𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘵𝘦𝘳𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢 𝘢𝘵𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬. 𝘈𝘵𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘦𝘭𝘪𝘴𝘪𝘩𝘪 𝘱𝘦𝘳𝘪𝘯𝘵𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢, 𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘵𝘶𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘮𝘢𝘬𝘴𝘪𝘢𝘵.”[6]

𝗞𝗵𝗮𝘁𝗶𝗺𝗮𝗵

Diantara definisi durhaka kepada orang tua adalah tidak mematuhi mereka atau melakukan perbuatan apapun yang bisa menyakiti keduanya. Dan durhaka ini bertingkat-tingkat sesuai dengan kadarnya, ada yang merupakan kedurhakaan kecil, ada yang besar dan bahkan ada yang sangat besar.

Dan seorang anak wajib taat kepada orang tua dalam perkara yang baik, dan tidak wajib taat dalam perkara yang mengandung kemaksiatan. Namun demikian, hendaknya seorang anak tetap menolak dengan cara yang baik perintah dari orang tua yang tidak sanggup untuk ditunaikannya atau yang ada unsur kemaksiatan di dalamnya.

Dan kewajiban berbakti kepada kedua orang tua ini tidak gugur meskipun mereka adalah orang kafir atau pelaku maksiat. Kita membenci kekafiran dan mengingkari kemaksiatannya, namun tetap tidak boleh mendurhakainya. Hal ini didasarkan kepada dalil-dalil berikut ini, Allah ta’ala berfirman :

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“𝘋𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘬𝘴𝘢𝘮𝘶 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘴𝘦𝘬𝘶𝘵𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘈𝘬𝘶 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘢𝘯𝘮𝘶 𝘵𝘦𝘯𝘵𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘵𝘶, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘫𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘪𝘬𝘶𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢, 𝘥𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘨𝘢𝘶𝘭𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘪 𝘥𝘶𝘯𝘪𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘪𝘬, 𝘥𝘢𝘯 𝘪𝘬𝘶𝘵𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘫𝘢𝘭𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘣𝘢𝘭𝘪 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢-𝘒𝘶, 𝘬𝘦𝘮𝘶𝘥𝘪𝘢𝘯 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢-𝘒𝘶 𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘮𝘣𝘢𝘭𝘪𝘮𝘶, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘬𝘶𝘣𝘦𝘳𝘪𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘮𝘶 𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘶 𝘬𝘦𝘳𝘫𝘢𝘬𝘢𝘯” (QS. Lukman: 15).

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: مَنْ اَصْبَحَ مُطِيْعًا للهِ فِي وَالِدَيْهِ اَصْبَحَ لَهُ بَابَانِ مَفْتُوْحَانِ مِنَ الجَنَّةِ وَ إِنْ كَانَ وَاحِدًا فَوَاحِدٌ وَ مَنْ أَمْسَى عَاصِيًا للهِ تَعَالَى فِي وَالِدَيْهِ اَصْبَحَ لَهُ بَابَانِ مَفْتُوْحَانِ مِنَ النَّارِ وَ إِنَ كَانَ وَاحِدًا فَوَاحِدٌ. قَالَ رَجُلٌ: وَ إِنْ ظَلَمَاهُ؟ قَالَ: وَ إِنْ ظَلَمَاهُ وَ إِنْ ظَلَمَاهُ وَ إِنْ ظَلَمَاهُ. رواه بن ابي شيبة و الحاكم فيِ التَّارِيْخِ، و البيحقي فيِ شُعَبِ الإِيْمَانِ.

Rasulullah ﷺ bersabda : “𝘚𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘢𝘢𝘵𝘪 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘥𝘶𝘢 𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘣𝘶𝘬𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘴𝘶𝘳𝘨𝘢, 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘭𝘪𝘬𝘪 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘢𝘫𝘢 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶 𝘴𝘢𝘫𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘢𝘬𝘴𝘪𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘥𝘪 𝘩𝘢𝘥𝘢𝘱𝘢𝘯 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘥𝘶𝘢 𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶 𝘵𝘦𝘳𝘣𝘶𝘬𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘢𝘴𝘶𝘬 𝘬𝘦 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘫𝘪𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘭𝘪𝘬𝘪 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘢𝘫𝘢 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘱𝘪𝘯𝘵𝘶 𝘴𝘢𝘫𝘢.”

Seorang laki-laki berkata : “𝘈𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘮𝘪𝘬𝘪𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘴𝘬𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘬𝘦𝘥𝘶𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘶𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘥𝘻𝘢𝘭𝘪𝘮 ?

Beliau kembali bersabda: “𝘔𝘦𝘴𝘬𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘶𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘢𝘯𝘪𝘢𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢, 𝘮𝘦𝘴𝘬𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘶𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘢𝘯𝘪𝘢𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢, 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘴𝘬𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘶𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘣𝘶𝘢𝘵 𝘢𝘯𝘪𝘢𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢.” (HR. Hakim dan Baihaqi)

📚Wallahu a’lam.
____________________
[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyah al Kuwaitiyah (34/153)
[2] Ihkamul Ahkam (2/274)
[3] Umdatul Qari (22/86)
[4] An Nihayah fi al Gharibil Hadits wal Atsar (3/277)
[5] Syarh Shahih Muslim (2/87)
[6] Umdatul Qari (22/86)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama