Cara Menyiapkan Google Ad Manager di Blog Atau Situs Anda
Jika Anda menghasilkan pendapatan dari situs web atau blog Anda, kemungkinan besar Anda menayangkan iklan spanduk dan diperbarui secara manual dengan menambahkan gambar dan URL ke dalam kode sumber atau dengan bantuan skrip penayangan iklan eksternal seperti OpenX atau OIO Publishers.
Google memiliki layanan web yang serupa, sebut dengan Google Ad Manager. Singkatnya, ini adalah layanan web sederhana (dan gratis) yang membantu Anda mengelola iklan spanduk. Itu juga dilengkapi dengan modul laporan persediaan yang cukup lengkap.
Ad Manager terintegrasi dengan AdSense, oleh karena itu webmaster memiliki kemampuan untuk menayangkan iklan AdSense jika tidak ada spanduk untuk slot tertentu. Berikut sekilas keuntungan dari Google Ad Manager:
- Kemampuan Penargetan Iklan. Anda mengontrol siapa yang bisa melihat iklan. Biarlah spesifik geografis, browser atau bahasa.
- Penayangan iklan yang efisien. Tidak diperlukan instalasi skrip. Semuanya (termasuk materi iklan) dihosting dengan Google. Tidak hanya menghemat ruang dan bandwidth, Anda juga dapat yakin bahwa spanduk akan dikirimkan dengan cepat.
- Mendukung multi-pengguna.
- Antarmuka Pengguna Sederhana. Dan seperti layanan web Google lainnya, Ad Manager memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami.
Jika Anda yakin bahwa Pengelola Iklan Google berpotensi membantu dalam mengelola iklan untuk situs web atau blog Anda, kami ingin menunjukkan kepada Anda cara menyiapkannya langsung dari awal. Panduan lengkap setelah lompat.
1. Buat Slot Iklan
Slot Iklan adalah ruang yang dipesan di situs Anda untuk penempatan iklan. Jika Anda ingin memasukkan 4 spanduk 125x125 pada sidebr Anda, Anda sedang membuat 4 slot iklan. Di sini warsitos.blogspot.com, kami memiliki delapan banner gambar berukuran 125 × 125. Itu berarti kami harus membuat 8 slot iklan yang berbeda secara berulang. Mari kita lakukan.
- Di bawah Inventaris -> Slot Iklan, klik Slot Iklan Baru.
(gambar 1)
- Bidang wajib: Beri slot Anda nama slot Iklan yang unik. Pilih drop-down ukuran spanduk, atau buat satu jika Anda suka. Pilih apakah banner akan membuka jendela baru (_blank) atau terbuka di jendela saat ini (_top) setelah diklik.
- Bidang opsional: Mencentang kotak AdSense apakah Anda ingin memaksimalkan pendapatan di slot dengan AdSense, tetapi kami akan menyarankan untuk tidak melakukannya, untuk saat ini. Isi deskripsi yang bermakna untuk Slot Iklan, atau Anda mungkin dapat melewati ini jika nama slot Iklan Anda cukup deskriptif.
- Simpan itu.
Ulangi langkah 1, 2, dan 3 untuk membuat semua slot iklan yang Anda perlukan. Untuk kasus kami, kami akan membuat 8 slot iklan dengan nama berbeda. Seperti inilah tampilan salah satunya.
(gambar 2)
Dan setelah Anda selesai membuat semua slot iklan, seperti inilah tampilan halaman Inventaris Anda. Selanjutnya, kami akan membuat penempatan iklan.
(gambar 3)
2. Buat Penempatan Iklan
Penempatan Iklan adalah yang menahan / mengelompokkan slot iklan Anda. Untuk warsitos.blogspot.com, karena kami memiliki 8 slot iklan dari spanduk 125 × 125 di bilah sisi, kami memerlukan satu penempatan iklan untuk menyatukannya. Penempatan iklan juga memastikan setiap iklan mendapat bidikan yang adil untuk berada di posisi teratas jika Anda mengaturnya pada rotasi. Berikut ini cara Anda membuat penempatan iklan.
- Di bawah Inventaris -> Penempatan, klik Penempatan Baru.
- Bidang wajib: Beri nama yang bermakna pada penempatan iklan Anda. Misalnya, kami menamai kami "HKC-125-RightT
- Bidang opsional: Jika Anda mengizinkan AdSense untuk mengajukan tawaran slot iklan di penempatan ini, centang Penargetan, jika tidak, hapus centang. Deskripsi Internal hanya untuk penggunaan pribadi, sesuatu yang memungkinkan Anda memahami penempatan iklan dengan lebih baik.
- Tambahkan semua slot iklan yang termasuk dalam penempatan iklan baru yang Anda buat ini, dalam kasus kami, kami menambahkan semua.
- Simpan itu.
Berikut ini contoh tampilan setelan Penempatan Iklan kami.
(gambar 4)
Setelah menyimpan penempatan iklan, Anda akan dikembalikan ke Inventaris -> laman utama Penempatan dan tampilannya seperti ini.
(gambar 5)
Berikut ringkasan singkatnya - Anda telah membuat Slot Iklan yang diperlukan, dan mengelompokkann
(gambar 6)
3. Buat Pesanan
Pesanan
Pikirkan Pesanan sebagai permintaan pesanan spanduk. Ini menyimpan informasi tentang siapa pengiklan, tanggal mulai dan akhir kampanye iklan, dan banyak lagi. Jika sebuah iklan menempatkan pesanan iklan spanduk di situs web Anda, Anda membuat Pesanan baru. Jika Anda memiliki 8 Slot Iklan, perkirakan untuk membuat hingga 8 Pesanan berbeda. Masuk akal? Mari buat beberapa Pesanan.
- Di bawah Pesanan, klik Pesanan Baru.
- Bidang wajib: Beri satu sama lain nama Pesanan dan ID Eksternal Anda dapat dengan mudah mengatur ulang. Beri tahu sistem kapan spanduk akan dimulai dan kapan akan berakhir dengan memilih tanggal Mulai dan tanggal Akhir. Pilih tidak terbatas jika cenderung permanen.
- Bidang opsional: Anda mungkin juga ingin mengisi Pengiklan, Agensi, Kontak, Penugasan Pengguna, dan Catatan untuk membantu Anda memahami Pesanan dengan lebih baik.
- Simpan itu.
Kami sekarang akan membuat Item baris untuk pesanan ini.
Item Baris
Item Baris terkait dengan Pesanan. Setiap kali sebuah Pesanan dimasukkan, Anda harus membuat Item Baris untuk itu. Item baris memungkinkan Anda untuk menentukan sifat iklan, apakah itu ditayangkan sebagai BPK, CPM, atau CPD. Anda juga menyetel biaya / harga untuk iklan di sini.
Setiap kali Anda menekan tombol Simpan setelah membuat Pesanan, Anda akan diarahkan untuk membuat item Baris.
- Klik Item baris baru.
(gambar 7)
- Beri Nama.
- Tentukan Prioritas Pengiriman. Jika pesanan Anda adalah iklan langsung, ubah ke Eksklusif dari kotak drop-down sehingga Anda dapat menggunakan CPD (Cost per Day).
- Sekali lagi, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memasukkan tanggal Mulai dan tanggal Akhir dengan benar.
- Di bawah bagian Penempatan, kaitkan Item Baris dengan penempatannya masing-masing.
- Bagian penargetan memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang harus melihat iklan. Dengan kata lain, dalam kondisi apa iklan tersebut akan muncul di website Anda. Pengaturan ini opsional, secara default iklan akan terlihat oleh semua.
- Bagian Opsi Pengiriman menentukan tampilan iklan. Tetapkan Rasio pengiriman dan Rotasi materi iklan ke Genap akan memastikan semua pesanan Anda mendapatkan tayangan yang sama.
- Simpan itu.
Seperti inilah tampilan item baris Anda.
(gambar
Rekap cepat sebelum kita melanjutkan. Kami telah membuat Pesanan, dengan informasi pengiklan, tanggal mulai dan akhir kampanye. Kemudian kami membuat Item Baris untuk Pesanan yang menyimpan informasi seperti jenis biaya (BPK, CPM, CPD), biaya, perilaku penargetan, dll. Hal berikutnya yang perlu kami lakukan adalah menambahkan materi iklan untuk iklan.
Kreatif
Materi iklan adalah gambar iklan. Setiap kali Item Baris ditambahkan, Anda harus menambahkan (dan menyetujui) setidaknya satu materi iklan untuknya.
- Setelah menyimpan Item baris, klik perlu materi iklan untuk menambahkan gambar ke iklan.
- Isi Nama, Ukuran slot iklan (ukuran spanduk), Jenis Materi Iklan, Berat Manual (jika Anda perlu mengontrol prioritas rotasi spanduk)
- Simpan itu.
Jenis materi iklan menentukan bagaimana Anda menayangkan gambar spanduk. Google Ad Manager mampu menghosting spanduk Anda secara internal (terlepas dari jpg, flash, gif, atau png) atau Anda dapat menghostingnya di tempat lain dan memasukkan URL gambar. Gunakan multimedia jika Anda membutuhkan penyisipan kode HTML manual.
Berikut adalah contoh bagaimana halaman upload materi iklan harus diisi.
(gambar 9)
Ingatlah untuk Menyetujui dan mengaktifkan materi iklan. Ulangi semua langkah dalam Pesanan, Item Baris, dan Materi Iklan untuk setiap spanduk. Dalam kasus kami, kami akan mengulangi ini 8 kali untuk mengisi semua slot iklan kami.
4. Spanduk Tampilan
Berikut langkah terakhir kami sebelum iklan mulai ditampilkan di situs web kami - buat kode dan tempelkan di dalam kode sumber kami.
- Buka Inventaris -> Slot Iklan, klik Buat HTML Contoh.
- Tambahkan semua slot yang diperlukan ke bagian Item yang Dipilih
- Klik Buat HTML Contoh
(gambar 10)
Gulir ke bawah untuk menemukan kode yang Anda buat. Seharusnya terlihat seperti ini:
<html>
<head>
<!-- PUT THIS TAG IN THE head SECTION -->
<script type="text/
</script>
<script type="text/
GS_googleAddAdS
GS_googleEnable
</script>
<script type="text/
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
GA_googleAddSlo
</script>
<script type="text/
GA_googleFetchA
</script>
<!-- END OF TAG FOR head SECTION -->
</head>
<body>
<p>Sample Text before slot HKC-125A1
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A1
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A1
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A2
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A2
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A2
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A3
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A3
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A3
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A4
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A4
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A4
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A5
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A5
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A5
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A6
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A6
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A6
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A7
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A7
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A7
-->
<p>Sample Text before slot HKC-125A8
</p>
<!-- PUT THIS TAG IN DESIRED LOCATION OF SLOT HKC-125A8
-->
<script type="text/
GA_googleFillSl
</script>
<!-- END OF TAG FOR SLOT HKC-125A8
-->
</body>
</html>
Ikuti instruksi yang dinyatakan dalam komentar untuk memasukkan kode ke bagian <head> dan <body> masing-masing.
Catatan: Untuk mencegah kesalahan dan menghindari mengacaukan situs aktif, ada baiknya Anda menyalin kode yang dibuat, menempelkannya di HTML kosong untuk menguji hasilnya. Jika iklan tidak muncul, kemungkinan waktu Anda saat ini belum tanggal mulai yang ditetapkan dalam Pesanan dan Item Baris.
Selesai! Anda sekarang mengelola spanduk situs web Anda dengan Google Ad Manager. Masuk lagi beberapa hari kemudian untuk memeriksa kinerja.
Untuk pertanyaan lainnya, berikan komentar, saya akan mencoba yang terbaik untuk membantu, semoga bermanfaat