Simak Pengertian Tipsnya Copywriting Jenis Jenis Dan Fungsinya



Simak Pengertian Tipsnya Copywriting Jenis Jenis Dan Fungsinya


Copywriting : Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Tipsnya!

Copywriting – Pastinya Anda para pebisnis tidak asing dengan istilah yang satu ini yaitu copywriting. Dimana, copywriting bisa mempengaruhi penjualan produk. Walaupun hanya berupa tulisan yang bersifat mengajak, tentu saja dalam pembuatan tulisan tidak bisa sembarangan. Pastinya, harus dibuat dengan orang yang bergerak dibidang tersebut, yaitu copywriter.


Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai copywriting, Anda bisa menyimak ulasan ini sampai habis.

Apa Itu Copywriting?
Pengertian dari copywriting adalah, teknik penulisan yang bersifat mengajak atau mendorong para audiens untuk melakukan tindakan seperti, mengunjungi situs website, melakukan transaksi terhadap suatu produk, mendaftarkan diri, berlangganan, mengklik link, mengikuti di media sosial dan yang lainnya.

Copywriting sendiri memiliki berbagai bentuk seperti tulisan, verbal, audio maupun visual. Contoh dari tulisan tersebut, sebenarnya dapat Anda temukan di kehidupan sehari-hari, misalnya konten media sosial, jingle iklan, podcast, deskripsi produk, naskah video dan yang lainnya.

Fungsi Copywriting
Sesuai dengan pengertian dari copywriting yaitu mendorong para pembacanya untuk melakukan tindakan, tentu saja memiliki peranan yang penting. Pastinya memiliki banyak kegunaan di suatu perusahaan misalnya untuk penulisan artikel di website, penulisan email marketing, iklan, naskah video, caption pada konten di media sosial dan sebagainya.


Jenis-Jenis Copywriting
Untuk Anda yang ingin mempelajari copywriting lebih mendalam, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Diantaranya adalah:


1. Marketing Copywriting
Sesuai dengan namanya yaitu marketing copywriting, biasanya jenis ini memiliki tujuan untuk pemasaran produk maupun jasa. Biasnya meliputi teks pada iklan, deskripsi produk, email marketing dan lainnya.


2. SEO Copywriting
Tujuan dari SEO copywriting ini adalah agar produk atau layanan suatu perusahaan dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencarian, sehingga konsumen bisa menemukan produk atau layanan tersebut dengan mudah.


3. Brand Copywriting
Brand copywriting ini selain berfungsi untuk pemasaran suatu produk maupun jasa, juga memiliki fungsi untuk menciptakan brand image dari brand atau perusahaan. Tentunya, citra tersebut bisa menjadi pembeda antara suatu merek dengan merek lainnya.


4. Technical Copywriting
Copywriting jenis ini biasanya digunakan untuk panduan para pengguna. Technical copywriting ini biasanya menggunakan kata-kata sederhana yang dapat menjelaskan penggunaan suatu produk secara detail.


5. Creative Copywriting
Biasanya, copywriting jenis ini digunakan dalam iklan televisi maupun radio. Biasanya jenis ini menghasilkan slogan maupun jingle.


6. PR Copywriting
PR copywriting biasanya digunakan untuk membuat konten suatu perusahaan agar mendapat citra positif dan menjaga reputasi dari publik, seperti siaran pers atau penyataan suatu perusahaan.


Tips Copywriting Untuk Pemula
Jika Anda ingin memasuki dunia copywriting, Anda harus memastikan skill yang Anda miliki sudah mumpuni. Akan tetapi jika Anda ingin belajar berlanjut ya..

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama